JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua
Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Pendidikan Untuk Semua, Oktober 2024

Kursus Menjahit Sebagai Sarana Pemberdayaan Masyarakat di Kursus Jahit Afuzu: Kursus Menjahit di LKP Afuzu sebagai sarana Pemberdayaan Masyarakat: Meningkatkan keterampilan dan kemandirian ekonomi.

faizol, hanif (Unknown)
Arientha Libby Purnama (Unknown)
Qorina Auliya Rahmah (Unknown)
Regita Ayu Ambar wati (Unknown)
Heryanto Susilo (Unknown)
Desika Putri Mardiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2024

Abstract

Abstrak: Kursus menjahit menjadi salah satu sarana pemberdayaan masyarakat yang efektif, untuk meningkatkan keterampilan ekonomi. Penelitian ini berfokus pada observasi pendidikan sepanjang hayat di kursus jahit Afuzu, yang bertujuan untuk mengidentifikasi dampak kursus tersebut terhadap peningkatan kapasitas masyarakat. Metode penelitian observasi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa peserta kursus jahit Afuzu tidak hanya memperoleh kemampuan teknis menjahit, tapi juga membangun kepercayaan diri, jaringan sosial, dan potensi kewirausahaan. Dengan hal ini, kursus menjahit berperan penting sebagai alat pemberdayaan masyarakat, dan memberikan peluang bagi individu untuk meningkatkan kualitas hidup mereka melalui pendidikan sepanjang hayat.Kata Kunci: Pemberdayaan masyarakat, pendidikan nonformal, kursus menjahit, pendidikan sepanjang hayat, SDGs, kewirausahaan, kesetaraan gender.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua acommodate ideas, concept, and results of the research about Non Formal Education to be pulished, such as : 1. NFE programme : equality, citizen vocation, empowerment, elucidation, literacy, and social tuition. 2. NFE unit : Community Learning Center, courses, ...