Mirlam: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 1 No 2 (2020): MIRLAM: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) SISWA KELAS X IPA SMA PERTIWI AMBON

Renwarin, Florida Carolina (Unknown)
Lelapary, Heppy Leunard (Unknown)
Latupeirissa, Elsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan data yang dijaring dari kegiatan menulis karangan argumentasi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaaan model Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa 85% siswa mengalami peningkatan dalam menulis karangan argumentasi atau memenuhi KKM dengan jumlah nilai yang diperoleh siswa secara keseluruhan 78,81. Dengan demikian, penggunaan model TTW membuat pembelajaran menjadi menarik, menyenangkan, dan memberi kemudahan bagi siswa untuk berkreasi dan menciptakan ide-ide yang dituangkan dalam sebuah karangan argumentasi yang baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mirlam

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Mirlam: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia publishes articles of original research and conceptual studies about Indonesian language, literature, learning and teaching. The journal contains research results (field or literature studies), theoretical and critical studies and it covers ...