cover
Contact Name
Areni Yulitawati Supriyono
Contact Email
divisi.jurnal@mail.unpatti.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
divisi.jurnal@mail.unpatti.ac.id
Editorial Address
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura Jl. Ir. M. Putuhena, Kampus Poka, Kota Ambon, Maluku, Indonesia (97233)
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
Mirlam: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by Universitas Pattimura
ISSN : -     EISSN : 2722757X     DOI : https://doi.org/10.30598/mirlamvol1no1hlm1-14
Mirlam: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia publishes articles of original research and conceptual studies about Indonesian language, literature, learning and teaching. The journal contains research results (field or literature studies), theoretical and critical studies and it covers several aspects of the studies as follows: Indonesian language education, Indonesian literary education, Indonesian language, and Indonesian literature.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 77 Documents
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING MELALUI MATERI DEBAT PADA SISWA KELAS X MIA 5 SMA NEGERI 5 AMBON Latupeirissa, Erlin L.; Somelok, Grace; Latupeirissa, Elsa
Mirlam: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2020): MIRLAM: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/mirlamvol1no1hlm1-14

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMA Negeri 5 Ambon, pada kelas X MIA 5 dengan 35 orang siswa, dan 1 orang guru sebagai kolaborator, berdasarkan observasi awal bahwa siswa kurang tertarik untuk berbicara di kelas, sehingga proses belajar mengajar kurang menyenangkan karena tidak ada respon dari siswa secara maksimal. Untuk itu, peneliti menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, penugasan dan angket. Pengumpulan data ini menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, format penilaian dan angket sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa, melalui model pembelajaran Student Facilitator and Explaining, terjadi peningkatan jumlah siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), karena siswa telah memahami debat beserta tata cara dalam berdebat. Model dan materi yang digunakan memang mengharuskan keaktifan dari siswa, sehingga semua siswa di kelas dapat berbicara, karena memiliki perannya masing-masing dalam proses berdebat. Pada siklus I, hanya 16 orang siswa yang memenuhi KKM atau 45,7%. Setelah dilakukan siklus II, jumlah siswa yang memenuhi KKM adalah 29 siswa atau 83%.
ANALISIS TOKOH DAN PENOKOHAN DALAM NOVEL AMULET DARI NUBIA KARYA MARGAT( PENDEKATAN PSIKOLOGI SASTRA) Sugianto, Stelia; Lelapary, Heppy L.; Sapulette, Viona
Mirlam: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2020): MIRLAM: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/mirlamvol1no1hlm15-26

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Tokoh dan Penokohan dalam Novel Amuletdari Nubia Karya Marga T”.Penelitian inibertujuan mendeskripsikan tokoh dan penokohanyangterdapatdalamnovelAmuletdariNubia KaryaMargaT.Sumber data penelitian iniadalah novelAmuletdari Nubia Karya Marga T.Penelitian menggunakan pendekatanpsikologisastra.Teknik pengumpulan data dalampenelitian iniadalah teknik membaca,mencatat,menandai,mengumpulkandanmengklasifikasi data.Hasil penelitian ini merujuk pada tokoh dan penokohan.Adapun tokoh meliputi:(1) tokoh utama,(2) tokoh protagonis, (3) tokoh antagonis, (4) tokoh sederhana dan (5) tokoh komplek. Adapun watak tokoh meliputi:(1) penurut,(2) pedulidan berkorban,(3) penyayang,(4) jujur,(5) kuatir,(6) rasa ingin tahu,(7) mengagumiorang lain,(8) cemas,(9) heran,(10) tidakmudahputusasa,(11) pemalu,(12) jahat,(13) pendendam,(14) sukabergaulbebas, (15)licik,(16)serakah,(17)sombong,(18) baikhati,(19)perhatian,(20)gelisah,(21) perhatian,(22) kuatir,(23) prihatin, (24) penakut, dan (25) penipu.
KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL SINEMATISASI PUISI SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS Tomatala, Ice; Latupeirissa, Elsa
Mirlam: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2020): MIRLAM: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/mirlamvol1no1hlm27-36

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media audio- visual sinematisasi puisi. Menulis puisi adalah kegiatan yang menghasilkan karya sastra dengan menuangkan ide dan perasaan penulis. Penulisan puisi dapat dibantu dengan media audio-visual sinematisasi puisi, berupa transformasi puisi menjadi film. Tujuan media tersebut agar siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam menulis puisi dengan baik. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Sekolah Menengah Atas. Data penelitian yaitu data kuantitatif berupa aktifitas belajar yang diperoleh melalui observasi secara deskriptif.
PENOKOHAN DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR (KAJIAN STRUKTURAL) Renmaur, Peni Berta; Rutumalessy, Merlyn
Mirlam: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2020): MIRLAM: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/mirlamvol1no1hlm37-50

Abstract

Novel merupakan karya sastra berbentuk prosa dan juga berhubungan dengan kehidupan seseorang yang dibuat dalam bentuk cerita. Tujuan dari penelitian ini, yaitu mendeskripsikan penokohan dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar. penokohan merupakan pelukisan gambaran yang jelas mengenai seseorang yang ditampilkan dalam cerita. Dari penelitian ini ditemukan dua tokoh utama, yaitu tokoh Anton dan Angel, dan beberapa tokoh pendukung lainnya seperti paman Marcus, bibi Feli, tante Soraya dan suaminya, om Rudy, Maria, Martin Wira dan Mirna.
NILAI-NILAI RELIGIUSITAS DALAM NOVEL BIDADARI PADERI KARYA SAIFUL A. IMAM Maya, Nur; Lewier, Mariana; Latupapua, Falantino Eryk
Mirlam: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2020): MIRLAM: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/mirlamvol1no1hlm51-62

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan kajian sastra religius. Metode analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan nilai-nilai religiusitas dalam novel Bidadari Paderi karya Saiful A. Imam. Analisis data berfokus pada dua aspek, yaitu aspek nilai religiusitas tauhid (keimanan) dan aspek nilai religiusitas akhlak (sikap perilaku). Aspek nilai religiusitas tauhid (keimanan) terdiri dari: 1) iman, 2) takwa, dan 3) tobat, sedangkan aspek nilai religiusitas akhlak (sikap perilaku) terdiri dari: 1) sabar, 2) rendah hati, 3) tawakal, 4) jujur, 5) ikhlas, dan 6) disiplin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Bidadari Paderi lebih banyak mengandung nilai religiusitas akhlak dibandingkan nilai religiusitas tauhid yang mengusung makna perjuangan. Perjuangan kaum paderi untuk melawan Belanda serta melakukan pembaharuan ajaran Islam di Minangkabau yang saat itu masih teguh memegang adat-istiadat walaupun telah memeluk Agama Islam. Pengarang bermaksud menunjukkan bahwa sebagai makhluk yang memiliki agama tidak cukup hanya dengan keyakinan terhadap Tuhan saja. Namun, keyakinan tersebut harus dibuktikan dengan akhlak yang mencerminkan keimanan kepada Sang Pencipta.
KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 AMBON Pattiapon, Meilany; Somelok, Grace; Tabelessy, Novita
Mirlam: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2020): MIRLAM: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/mirlamvol1no1hlm63-72

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Ambon. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang siswa dan 3 orang guru.Jenis penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling sistematis dengan penarikan sampel dari nomor urut 5 dan kelipatannya berdasarkan nomor absen.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif model one-shot case study dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes menulis puisi, kuesioner dan wawancara yang dilaksanakan pada semester genap. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Ambon dikategorikan memenuhi dengan jumlah siswa 12 orang dari keseluruhan siswa sampel pada kelas tersebut yang memiliki nilai di atas 72.
PENGGUNAAN BAHASA YAMDENA DI PULAU YAMDENA BAGIAN TIMUR KABUPATEN KEPULAUAN TANIMBAR PROVINSI MALUKU Samangun, Isak; da Costa, Romilda Arivina; Latupeirissa, Elsa
Mirlam: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2020): MIRLAM: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/mirlamvol1no1hlm73-92

Abstract

Berdasarkan penelusuran dokumentasi yang ditemukan ada lima bahasa di Kepulauan Tanimbar, di antaranya bahasa Yamdena, Selaru, Fordata, Makatian dan Seluasan. Namun, yang dibahas oleh peneliti adalah penggunaan bahasa Yamdena di Pulau Yamdena Bagian Timur. Yamdena Bagian Timur terdapat enam belas desa, namun peneliti hanya memilih empat lokasi sebagai tempat penelitian yaitu, Desa Arma, Arui Bab, Arui Das dan Sifnana. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kontak bahasa dan pergeseran bahasa. Ada pun hasil yang ditemukan yaitu secara umum penggunaan bahasa Yamdena di Pulau Yamdena Bagian Timur sudah bergeser karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya yaitu, faktor lingkungan, teknologi informasi dan komunikasi serta faktor pemukiman penduduk yang begitu padat.
RAGAM BAHASA GAUL DALAM MEDIA SOSIAL FACEBOOK REMAJA NEGERI PASSO KOTA AMBON Akyuwen, Inggrid; Sasabone, Carolina; Tabelessy, Novita
Mirlam: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2020): MIRLAM: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/mirlamvol1no1hlm93-102

Abstract

Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan ragam bahasa gaul dalam media sosial facebook remaja di Negeri Passo Kota Ambon. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif yang menggunakan manusia sebagai instrument penelitian. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu bentuk dan makna pemakaian ragam bahasa gaul dalam tuturan remaja di media sosial facebook khususnya remaja Negeri Passo, Kota Ambon yang dapat diklasifikasikan berdasarkan, (a) bentuk jargon, (b) bentuk prokem, (c) bentuk colloquial.
CAMPUR KODE DALAM INTERAKSI JUAL BELI DI PASAR YOTOWAWA-WONRELI KECAMATAN PULAU-PULAU TERSELATAN KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA Sarik, Elsa Juned; Pattiasina, Petrus Jacob
Mirlam: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2020): MIRLAM: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/mirlamvol1no1hlm103-120

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan campur kode dalam interaksi jual beli di pasar Yotowawa Kecamatan Pulau- Pulau Terselatan Kabupaten Maluku Barat Daya. Rancangan penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, karena sesuai dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan campur kode dalam interaksi di pasar Yotowawa desa Wonreli Kecamatan Pulau-Pulau Terselatan Kabupaten Maluku Barat Daya. Hasil penelitian ini adalah dalam penggunaan bahasa di pasar terjadi campur kode (code mixing). Campur kode yang terdapat dalam interaksi komunikasi jual-beli, yaitu campur kode intern pada unsur kata dan struktur frasa. Faktor penyebab penjual dan pembeli menggunakan campur kode dari bahasa Malayu Ambon yang disisipi dengan tutur bahasa Meher. Hal ini terjadi karena antara pembeli dan penjual sama-sama menggunakan tuturan bahasa Malayu Ambon maupun bahasa Meher.
FUNGSI BAHASA TANA DALAM UPACARA ADAT PANAS PELA NEGERI RUMAH WEI DAN NEGERI KASIEH KECAMATAN TANIWEL KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT Tuasa, Nurjan; Pattiasina, Petrus Jacob; Lelapary, Heppy Leunard
Mirlam: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2020): MIRLAM: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/mirlamvol1no1hlm121-132

Abstract

Bahasa Tana adalah bahasa budaya yang hanya dipakai sebagai alat komunikasi dalam konteks adat istiadat. Bahasa Tana inilah yang harus tetap dilestarikan dan dikembangkan dalam kehidupan budaya masyarakat Maluku khususnya penggunaan Bahasa Tana yang dipakai dalam upacara adat Panas Pela. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan fungsi Bahasa Tana dalam upacara adat Panas Pela antara Negeri Rumah Wei dan Negeri Kasieh Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara, rekaman, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan fungsi bahasa yaitu fungsi instrumental, regulasi, representasi, heuristik, imajinatif dan folor lisan ditemukan logat, julukan, titel-titel dan bahasa rahasia.