Perkembangan teknologi mobile, khususnya perangkat Android, membuka peluang dalam dunia pendidikan untuk menciptakan metode pembelajaran yang lebih interaktif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan game edukasi Android berjudul The Tale of Tio’s Journey menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Game ini ditujukan untuk membantu pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada siswa kelas 4 SD atau usia 8 tahun ke atas. Proses pengembangan dilakukan melalui studi pustaka, konsultasi, dan pengujian menggunakan kuesioner. Hasil uji coba menunjukkan 90% siswa memberikan respons positif terhadap game ini, dengan tingkat persetujuan tertinggi (97%) pada aspek desain, animasi, dan ketertarikan bermain. Aspek kemudahan memahami instruksi dan gameplay memperoleh persetujuan sebesar 80%. Berdasarkan hasil tersebut, The Tale of Tio’s Journey diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang lebih menyenangkan dan interaktif bagi siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025