Tantangan Pendidikan di era revolusi industry 4.0 memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, Muhammadiyah sebagai organisasi Islam Modern di Indonesia yang memiliki kontribusi yang positif terhadap perkembangan dunia Pendidikan fokus mengembangkan Lembaga Pendidikan yang memiliki daya saing sehingga mampu menjawab kebutuhan peserta didik dalam menjawab tantangan yang ada. Oleh karena itu diperlukan pendidik yang memiliki karakter yang jujur, bertanggungjawab, terbuka dan memiliki kemampuan menyelesaikan permasalahan dengan tepat guna mencapai kinerja yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pada kepemimpinan guru muhammadiyah pada jenjang pendidikan menengah atas sederajat. Populasi penelitian ini adalah tenaga pendidik di Amal Usaha Muhammadiyah di Kabupaten X yang terfokus pada guru SMA sederajat. Adapun karateristik populasi penelitian ini adalah Guru sekolah menengah atas di amal usaha Muhammadiyah Kabupaten X yang telah bekerja minimal bekerja 1 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan prophhetic leadership terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 47,7%.
Copyrights © 2024