Pendiri: Jurnal Riset Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2024): December 2024

Strategi Penguatan Pendidikan Karakter melalui Evaluasi Diri Guru dan Pengembangan Kompetensi Kognitif Siswa

Alaudin, Nurlatifah (Unknown)
Missouri, Randitha (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek fundamental dalam sistem pendidikan yang bertujuan membentuk individu berintegritas dan beretika. Namun, efektivitas implementasinya masih menghadapi tantangan, terutama dalam hal keterlibatan guru dan penguatan kompetensi kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran evaluasi diri guru dalam meningkatkan efektivitas pendidikan karakter serta bagaimana pengembangan kompetensi kognitif siswa berkontribusi terhadap proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus di sekolah menengah. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru dan siswa, serta observasi dalam proses pembelajaran. Analisis dilakukan dengan pendekatan tematik untuk mengidentifikasi pola dalam penerapan evaluasi diri guru dan keterkaitannya dengan penguatan karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang secara rutin melakukan evaluasi diri lebih mampu menyesuaikan metode pengajaran mereka, menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif, dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai karakter. Selain itu, kompetensi kognitif siswa yang lebih baik berkontribusi terhadap pemahaman dan penerapan nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam bidang pendidikan karakter dengan menekankan pentingnya refleksi guru dan penguatan keterampilan berpikir siswa. Implikasi praktisnya meliputi perlunya pelatihan bagi guru dalam evaluasi diri dan integrasi strategi penguatan kognitif dalam kurikulum sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendiri

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Pendiri: Jurnal Riset Pendidikan, published by Ran Edu Center, focuses on research related to educational research. Submitted manuscripts will be accepted by the editor and then checked for similarity with a similarity checker application. PENDIRI aims to be a forum for researchers and ...