Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dengan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 31 orang. Data yang dikumpulkan berupa data tes pemahaman konsep matematika siswa. Data yang terkumpul dianalisis dan dilakukan penskoran pemahaman konsep matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII secara keseluruhan memiliki rata-rata skor 75.45% dengan kriteria baik. Indikator pemahaman konsep yang digunakan yaitu 1) menyatakan ulang sebuah konsep, 2) menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis, 3) mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep, 4) menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, 5) mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah. Abstract This study aims to understand the student's understanding of concepts with the learning model of conceptual understanding procedures (CUPs). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dengan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 31 orang. Data yang dikumpulkan berupa data tes pemahaman konsep matematika siswa. Data yang terkumpul dianalisis dan dilakukan penskoran pemahaman konsep matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII secara keseluruhan memiliki rata-rata skor 75.45% dengan kriteria baik. Indikator pemahaman konsep yang digunakan yaitu 1) menyatakan ulang sebuah konsep, 2) menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis, 3) mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep, 4) menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, 5) mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah. This type of research is experimental, with the subject of the research being all the students of class VIII which amounted to 31 people. The data collected is a test of students' understanding of mathematical concepts. The collected data was analyzed and used to carry out a census of understanding of the mathematics concept. The results of the research showed that the understanding of mathematical concepts among students in class VIII Growth overall has an average score of 75.45% with good criteria. Indicators of understanding of the concept used are: 1) re-declaring a concept; 2) presenting the concept in the form of a mathematical representation; 3) developing the necessary and sufficient conditions of a conception; 4) using, utilizing, and choosing a particular procedure or operation; and 5) applying the concept or algorithm in problem solving.
Copyrights © 2023