Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi Quran digital terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an di SD Negeri 011 Kepenuhan Hulu. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data yang diperoleh dari tes awal menunjukkan nilai rata-rata kemampuan membaca Al-Qur'an siswa adalah 60. Setelah menggunakan aplikasi Quran digital selama empat minggu dalam siklus pertama, nilai rata-rata meningkat menjadi 75, dan pada siklus kedua meningkat lebih lanjut menjadi 85. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Quran digital efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa, terutama dalam hal pengucapan huruf dan tajwid. Meskipun terdapat tantangan dalam hal keterbatasan perangkat, penelitian ini memberikan bukti bahwa teknologi digital dapat menjadi alat yang efektif untuk mendukung pembelajaran Al-Qur'an di sekolah dasar.
Copyrights © 2023