Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara nilai Kalkulus Diferensial dengan penguasaan Kalkulus Peubah Banyak pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UIN Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional (Ex Post Facto). Subjek penelitian terdiri atas 32 mahasiswa semester IV yang telah menempuh mata kuliah Kalkulus Diferensial. Data dikumpulkan melalui dokumentasi nilai dan tes hasil belajar Kalkulus Peubah Banyak, kemudian dianalisis menggunakan korelasi Pearson dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang kuat antara nilai Kalkulus Diferensial dan penguasaan Kalkulus Peubah Banyak dengan koefisien korelasi r = 0,61 dan p < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik penguasaan mahasiswa terhadap konsep diferensial, semakin tinggi pula kemampuannya dalam memahami konsep turunan parsial dan gradien pada Kalkulus Peubah Banyak. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar perbaikan strategi pembelajaran kalkulus agar berkelanjutan dan saling mendukung antar-materi.
Copyrights © 2023