Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas integrasi model outdoor learning berbantuan media audiovisual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial di kelas III B Sekolah Alam Muara Bungo. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran anatomi tumbuhan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Model pembelajaran yang diterapkan adalah Outdoor Learning dengan dukungan media audiovisual. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, dan dokumentasi terhadap 17 siswa yang terdiri atas 11 laki-laki dan 6 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari pra-siklus sebesar 35,29 persen menjadi 82,35 persen pada siklus II. Penerapan Outdoor Learning berbantuan media audiovisual terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa dalam pembelajaran IPA di Sekolah Alam Muara Bungo
Copyrights © 2024