Pengembangan literasi biologi dan minat wirausaha siswa sekolah di sekitar ekowisata Bagek Kembar diperlukan untuk menguatkan peluang mereka mengambil manfaat dari pengembangan kawasan ekowisata. Tujuan dalam pengabdian kepada masyarakat di SMAN 1 Sekotong adalah memberikan penyuluhan pada guru mengembangkan bahan ajar berbasis proyek biopreneurship untuk meningkatkan literasi biologi dan minat wirausaha siswa. Pengabdian masyarakat di SMAN 1 Sekotong Lombok dilakukan dengan tahapan mulai dari persiapan, pra-pelaksanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanaan pengabdian di sekolah mitra, dilakukan dengan metode penyuluhan dan pendampingan guru mitra mengembangkan bahan ajar berbasis proyek biopreneurship. Evaluasi pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan melalui pengamatan kegiatan guru selama pengabdian, wawancara dan pengisian angket untuk mendapatkan informasi tentang respons guru tentang manfaat pelatihan. Peserta pengabdian terdiri 30 Guru SMAN 1 Sekotong. Hasil evaluasi menunjukkan 75% guru aktif dalam diskusi, bahan ajar biopreneurship yang diterapkan dalam kegiatan proyek dengan memanfaatkan tumbuhan dan hewan di sekitar Kawasan Ekowisata Bagek Kembar selaras dengan penerapan project konservasi mangrove, yang dilaksanakan oleh siswa pramuka dan siswa kelas alam SMAN 1 Sekotong. Saran dari peserta untuk kegiatan pengabdian selanjutnya adalah adanya program untuk meningkatkan numerasi dan literasi dengan memanfaatkan Ekowisata Bagek Kembar sebagai sumber belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025