Penggunaan media digital di kalangan anak-anak usia dini telah menjadi perhatian penting, terutama saat ini anak usia dini cepat mengadopsi teknologi dalam pembelajaran. Media digital dapat memengaruhi pembelajaran, perkembangan, dan interaksi sosial anak-anak. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi peran orang tua dalam memanfaatkan media digital untuk mengembangkan nilai-nilai sosial pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), dengan analisis terhadap 10 artikel relevan. Hasil penelitian menunjukkan bila orang tua dapat melakukan pengasuhan digital yang tepat, maka media digital dapat mendukung pengembangan keterampilan sosial yang penting pada anak usia dini. Orang tua berperan penting dalam memfasilitasi, membatasi, dan mengatur interaksi anak-anak mereka dengan media digital. Penelitian ini menegaskan pentingnya mediasi orang tua untuk menciptakan keseimbangan antara keterlibatan digital dan pembelajaran berbasis permainan, sehingga mendukung perkembangan sosial anak secara holistik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024