cover
Contact Name
Ibnu Imam Al Ayyubi
Contact Email
ibnuimam996@gmail.com
Phone
+6287763493622
Journal Mail Official
ibnuimam996@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Cihampelas, Cipanji Rt/Rw 05/01 Kec. Cihampelas, Kab. Bandung Barat, Kode Pos 40767
Location
Kab. bandung barat,
Jawa barat
INDONESIA
al-muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 30891353     DOI : 10.58988
Core Subject : Religion, Education,
al-muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is a biannual peer-reviewed and open-access journal published by the Bachelor Program of Islamic Early Childhood Education (Pendidikan Islam Anak Usia Dini/PIAUD) at STAI Darul Falah in West Bandung. The primary purpose of this publication is to disseminate the latest theories and research results from all aspects within the field of early childhood education. It serves as a platform for academicians, researchers, and practitioners to publish original research articles and review articles.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Penggunaan Media Gambar untuk Mengetahui Motivasi Belajar Matematika Anak Usia Dini Kurniansyah, Muhamad Yusup; Masya, Hardiyansyah; Kholifah, Nur
al-muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini STAI Darul Falah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Motivasi belajar matematika merupakan sebuah stimulus yang datang dari luar maupun dari dalam diri seseorang yang mampu memberi kekuatan atau keinginan dari peserta didik akan belajar matematika. Melalui motivasi belajar yang kuat, peserta didik akan terstimulasi sehingga memiliki energi pada saat mengikuti pembelajaran di kelasnya. Motivasi belajar merupakan salah satu faktor seseorang untuk mencapai suatu prestasi yang diinginkan, tak sedikit anak berprestasi memiliki motivasi belajar yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis motivasi belajar anak terhadap matematika dengan memberikan perlakuan pembelajaran pada anak usia dini dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tanjung Jaya Wilayah Kabupaten Bandung Barat. Subjek penelitian ini adalah anak usia dini di RA Miftahul Hidayah Desa Tanjung Jaya Wilayah Kabupaten Bandung Barat, yang terdiri dari 6 orang anak usia dini. Berdasarkan hasil di lapangan setelah diberikannya perlakuan kepada anak dengan pembelajaran menggunakan media gambar, terlihat bahwa motivasi anak terus mengalami peningkatan. Adanya keterlibatan anak secara aktif dan sungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran di kelas serta tugas-tugas yang diberikan; Inisiatif dan keinginan anak untuk belajar mulai tumbuh; serta komitmen untuk terus belajar dan bertahan dalam pembelajaran mulai membaik. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar matematika anak usia dini. Gambar-gambar yang bagus, menarik, serta penuh warna akan membuat anak tertarik, termotivasi, dan munculnya semangat untuk belajar khususnya dalam pelajaran matematika. Dengan gambar yang menarik, anak memperhatikan, mengamati, serta lebih fokus pada suatu tugas tertentu dan mempertahankannya, dan kurang mudah teralihkan oleh peristiwa yang tidak nyata.
Pengaruh Screen Time terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Manfaatin, Eva; Aulia, Mita
al-muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini STAI Darul Falah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh screen time terhadap perkembangan anak usia dini dan bagaimana peran orang tua dalam mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, mengumpulkan atau mencari artikel yang relevan, menganalisis, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  screen time yang berlebihan (di luar batas kewajaran) dapat berdampak negatif bagi berbagai aspek perkembangan anak, mulai dari perkembangan kognitif, bahasa, fisik motorik, dan sosial emosional. Peran orang tua sangat diperlukan dalam rangka mencegah dan mengatasi dampak negatif dari aktivitas screen time anak usia dini ini. Pendampingan orang tua ketika anak melakukan aktivitas screen time menjadi salah satu cara untuk meminimalisasi dampak negatif dari penggunaan perangkat elektronik oleh anak usia dini. 
Kompetensi Guru PAUD dan Dampaknya terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Erika, Rista; Asri, Yoana Nurul; Luthfiah, Najma Adhia
al-muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini STAI Darul Falah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana kompetensi guru dalam pembelajaran di sekolah dan bagaimana pengaruhnya terhadap perkembangan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan tahapan mengumpulkan artikel yang berkaitan dengan topik penelitian, menganalisis, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru menjadi faktor penentu keberhasilan guru dalam melaksanakan tugasnya memfasilitasi perkembangan anak. Keempat kompetensi guru (kompetensi profesional, pedagogis, kepribadian, dan sosial) harus selalu dikembangkan dan ditingkatkan dalam rangka menjaga mutu dan meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran di sekolah. Dukungan berbagai pihak menjadi hal yang penting dalam proses peningkatan kompetensi guru ini.
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Anak Usia Dini Loka, Dian Novita; Robiah, Reina Siti
al-muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini STAI Darul Falah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan bekerja sama merupakan proses sosial yang penting di masa kanak-kanak, aktivitas kerja sama dapat menstimulasi aspek-aspek perkembangannya. Model pembelajaran berbasis proyek memfasilitasi anak untuk berbagi kemampuan, berkolaborasi dengan teman di dalam kelompoknya sehingga menimbulkan kecenderungan berpikir dan bertindak untuk tujuan kelompok. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dalam meningkatkan kemampuan kerja sama anak usia dini di RA Ash-Shaadiqiin terdiri dari beberapa tahap, yaitu: 1) tahap perencanaan, guru menyusun program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan, dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian dengan memanfaatkan media yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anak; 2) tahap pelaksanaan, guru melaksanakan tahapan pembelajaran, membahas tema dan sub tema, melakukan tahapan model pembelajaran berbasis proyek; 3) tahap evaluasi, guru melakukan penilaian sikap anak, memberikan apresiasi terhadap hasil karya anak, dan mempersilakan anak untuk mempresentasikan hasil karyanya. Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) ini dapat menjadi alternatif bagi guru dalam kegiatan pembelajaran dalam mengatasi kejenuhan, mendorong anak untuk aktif dan kreatif serta membentuk kemandirian belajar pada anak.
Peran Komunikasi Orang Tua dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Sopiah, Ai; Nursyahbani, Rahmi
al-muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini STAI Darul Falah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan bahasa pada anak usia dini merupakan perubahan dalam sistem simbol suara yang berpengaruh pada kemampuan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi orang tua dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) komunikasi orang tua dengan anak terjadi ketika orang tua membantu anak mengerjakan tugas atau mendorong anaknya untuk belajar, menemani anak bermain dan menghabiskan waktu dengan anak, serta orang tua bercerita kepada anak sebelum anak tidur atau bertanya tentang aktivitasnya; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi orang tua dengan anak antara lain: waktu yang disediakan orang tua untuk menemani anaknya bermain, lingkungan bermain anak, dan kondisi psikologis anak. 
Analisis SWOT Penerapan Desain Pengembangan Pembelajaran Model Hannafin & Peck di RA Al Ihsan Nugraha, Mulyawan Safwandy; Nur Azizah, Rina; Dedih, Ujang
al-muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2024)
Publisher : Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini STAI Darul Falah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Analisis SWOT dilakukan untuk mengumpulkan informasi dari situasi yang ada. Analisis ini memisahkan permasalahan inti yang berasal dari internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman). Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan model desain pembelajaran Hannafin & Peck di RA Al Ihsan dengan pendekatan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui dokumentasi dan wawancara dengan pemangku kepentingan utama di RA Al Ihsan. Analisis SWOT dilakukan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi institusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan RA Al Ihsan meliputi kepemimpinan kepala madrasah yang kuat, guru berpengalaman, dan struktur kurikulum inovatif. Namun, kelemahan utama adalah kurangnya penguasaan teknologi informasi di kalangan guru, yang menghambat efektivitas penerapan model desain pembelajaran. Peluang terletak pada adanya program pelatihan dan dukungan eksternal, sementara tantangan meliputi keterampilan teknologi yang kurang memadai yang berdampak pada variasi media pembelajaran. Keberhasilan penerapan model Hannafin & Peck bergantung pada peningkatan keterampilan teknologi informasi dan variasi media pembelajaran. Pengembangan profesional yang berkelanjutan serta dukungan pemangku kepentingan sangat penting untuk mengoptimalkan efektivitas model pembelajaran ini.
Optimalisasi Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini Melyana Indiarsih; Siti Purhasanah
al-muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2024)
Publisher : Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini STAI Darul Falah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pentingnya menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini khususnya sekitar 3-5 tahun sebab pada usia ini terjadi perkembangan otak yang sangat pesat sehingga apa yang diajarkan kepada anak mampu dicerna dengan cepat dan mudah. Tentunya hal tersebut merupakan sesuatu yang berharga terutama bagi para orang tua untuk mendidik anak agar memiliki karakter yang baik. Pendidikan karakter ini dapat dioptimalkan melalui kegiatan edukasi yang biasanya diterapkan pada sekolah PAUD, TK atau sejenisnya. Oleh karena itu, tujuan dari artikel ini adalah menganalisis program yang dilaksanakan dalam mengoptimalkan pembinaan pendidikan karakter anak usia dini. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan instrumen observasi dan wawancara. Adapun subyek penelitian yaitu guru PAUD/TK yang berjumlah 5 orang serta 3 orang tua yang menyekolahkan anaknya di PAUD/TK/RA dari lembaga dan daerah yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program seperti beribadah berjamaah, bernyanyi, bermain sambil belajar melalui beberapa jenis permainan seperti market day, field trip, storytelling, president of the week, dan hari berbagi, memberi dampak positif dalam membentuk karakter baik pada anak usia dini. Keberhasilan pembinaan karakter ini membutuhkan kolaborasi antara sekolah, guru, orang tua dan lingkungan sekitar untuk mengoptimalkan pendidikan karakter pada anak usia dini.
Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Membentuk Pembelajaran Aktif Hartati, Ai Nopi; Yuliana, Yomima Viena
al-muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2024)
Publisher : Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini STAI Darul Falah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurikulum Merdeka menitikberatkan kebebasan dalam pendidikan dan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, untuk menciptakan lingkungan belajar yang aktif. Namun, penerapan kurikulum ini terkadang belum optimal dalam membentuk pembelajaran aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka dalam membentuk pembelajaran aktif pada anak usia dini di RA Nurul Huda Cicangkanggirang, Kec. Sindangkerta, Kab. Bandung Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan partisipan penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru pamong, dan wakil bidang kurikulum. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara. Langkah-langkah analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka terdiri dari tiga tahap: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran aktif. Hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaannya antara lain proses adaptasi terhadap kurikulum baru, keterbatasan sarana dan prasarana, serta kompetensi guru. Penelitian ini merekomendasikan agar pihak sekolah untuk mempersiapkan infrastruktur yang memadai dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka untuk membentuk pembelajaran aktif yang optimal.
Pengasuhan Digital: Mengembangkan Nilai-nilai Sosial Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Digital Maysara, Siska Resti; Yuliani
al-muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2024)
Publisher : Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini STAI Darul Falah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan media digital di kalangan anak-anak usia dini telah menjadi perhatian penting, terutama saat ini anak usia dini cepat mengadopsi teknologi dalam pembelajaran. Media digital dapat memengaruhi pembelajaran, perkembangan, dan interaksi sosial anak-anak. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi peran orang tua dalam memanfaatkan media digital untuk mengembangkan nilai-nilai sosial pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), dengan analisis terhadap 10 artikel relevan. Hasil penelitian menunjukkan bila orang tua dapat melakukan pengasuhan digital yang tepat, maka media digital dapat mendukung pengembangan keterampilan sosial yang penting pada anak usia dini. Orang tua berperan penting dalam memfasilitasi, membatasi, dan mengatur interaksi anak-anak mereka dengan media digital. Penelitian ini menegaskan pentingnya mediasi orang tua untuk menciptakan keseimbangan antara keterlibatan digital dan pembelajaran berbasis permainan, sehingga mendukung perkembangan sosial anak secara holistik.

Page 1 of 1 | Total Record : 9