COGNITIVISM: Journal of Education Research and Development
Vol. 1 No. 2 (2025): COGNITIVISM: Journal of Educational Research and Development

TRANSFORMASI PENDIDIKAN INDONESIA: ADAPTASI STRATEGI PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID-19

Prayogi, Prayogi (Unknown)
Prayoga, Prayoga (Unknown)
Sari, Cut Kumala (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji transformasi strategi pembelajaran yang terjadi di Indonesia sebagai respons terhadap pandemi COVID-19. Melalui pendekatan studi literatur komprehensif, penelitian ini mengidentifikasi tantangan utama yang dihadapi oleh sistem pendidikan Indonesia selama masa krisis, serta menganalisis berbagai strategi adaptasi yang diterapkan untuk memastikan keberlangsungan proses belajar-mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peralihan dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran daring tidak hanya mengubah metode penyampaian materi, tetapi juga mempengaruhi dinamika interaksi guru-siswa, aksesibilitas pendidikan, dan kesenjangan digital. Penelitian ini juga mengidentifikasi bahwa kombinasi pembelajaran daring dan luring (blended learning) menjadi strategi yang paling efektif untuk mengakomodasi keberagaman kondisi pembelajaran di Indonesia. Temuan ini memberikan implikasi penting terhadap arah kebijakan pendidikan pasca-pandemi dan menyoroti urgensi pengembangan infrastruktur digital untuk mendukung transformasi pendidikan yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cognitivism

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

COGNITIVISM: Journal of Education Research and Development is a fully refereed (double-blind peer review) and an open-access online journal for academics, researchers, graduate students, early-career researchers and students, published by Lembaga Intelektual Muda (LIM) Maluku. COGNITIVISM is a ...