Pengembangan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement) danModel Pembelajaran Jigsaw Terhadap Motivasi Pada Siswa Kelas VII Di SMPNegeri 5 Stabat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) interaksi antaramodel pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa padamateri Sejarah Lokal, 2) perbedaan prestasi belajar IPS siswa yang dibelajarkandengan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement) dan Jigsaw, 3)perbedaan prestasi belajar IPS siswa pada materi sejarah loakl yang mempunyaimotivasi belajar rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD(Student Teams Achievement) dan Jigsaw, Penelitian dilakukan di SMP Negeri 5Stabat kelas VII. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster RandomSampling.Simpulan dari penelitian ini adalah 1) ada interaksi antara modelpembelajaran (sig 0,018<0,05), motivasi belajar (sig 0,015<0,05) serta interaksimodel dan motivasi (sig 0,03<0,05) 2) rata-rata prestasi belajar siswa IPS siswayang menggunakan model pembelajaran STAD (student teams achievement) lebihtinggi dibandingkan dengan Jigsaw 86,20 >84,58.
Copyrights © 2020