Jurnal Berbasis Sosial
Vol 5 No 2 (2024): JBS

STRATEGI GURU IPS DALAM MENGELOLA KONFLIK SOSIAL TERHADAP PENURUNAN PRILAKU BULLYING KELAS VII SMP N 3 TANJUNG PURA

Haliza, Siti (Unknown)
Darliana, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran inovatif dalam meningkatkan kualitas pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMPS Nusa Indah. Latar belakang penelitian didasari oleh kenyataan bahwa proses pembelajaran IPS masih didominasi metode ceramah, sehingga siswa kurang aktif, kreatif, dan kritis dalam memahami konsep sosial. Untuk mengatasi hal tersebut, diterapkan model pembelajaran inovatif seperti Project Based Learning dan Problem Based Learning yang menekankan keterlibatan siswa secara langsung dalam kegiatan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek guru dan siswa kelas VIII, serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inovatif mampu meningkatkan minat, motivasi, dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran IPS. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan dalam kemampuan berpikir kritis, kerjasama kelompok, serta tanggung jawab sosial. Guru juga lebih kreatif dalam merancang pembelajaran yang interaktif dan bermakna. Dengan demikian, model pembelajaran inovatif terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan IPS di SMPS Nusa Indah, baik dari segi proses maupun hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jbs

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JBS (Journal Berbasis Sosial) adalah journal yang menerbitkan naskah-naskah tentang penelitian dan pengabdian masyrakat dibidang pendidikan ilmu social dan ilmu sosial. Adapun yang termaksud kedalam rumpun ilmu sosial adalah, Sosiologi sejarah, Geografi, ekonomi, Antropologi, Agama, Komunikasi dan ...