Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis kompetensi di era digital di Kota Metro. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, pendidikan agama Islam diharapkan dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan penguasaan kompetensi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumentasi di beberapa sekolah di Kota Metro, termasuk SMP Negeri 1 Metro dan Madrasah Aliyah Negeri Metro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum PAI berbasis kompetensi di era digital telah memberikan dampak positif, seperti meningkatkan interaksi siswa dengan materi pelajaran, memperkaya wawasan mereka melalui kajian daring, dan meningkatkan kemampuan digital siswa. Namun, terdapat tantangan signifikan terkait kesiapan guru dalam memanfaatkan teknologi, terutama di kalangan guru yang lebih tua yang kurang familiar dengan penggunaan platform digital. Selain itu, masih ada ketimpangan dalam penyediaan fasilitas teknologi yang memadai antar sekolah. Meskipun demikian, dampak positif yang dihasilkan, seperti pengembangan keterampilan digital siswa dan peningkatan interaktivitas dalam pembelajaran, menunjukkan potensi besar penerapan kurikulum berbasis kompetensi di era digital. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan lanjutan untuk guru serta peningkatan infrastruktur teknologi di sekolah-sekolah untuk memaksimalkan penerapan kurikulum PAI berbasis kompetensi di Kota Metro
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025