IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education
Vol 2, No 1 (2020): January 2020

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif TTW Berbantuan Media Leaflet

Farida, Ida (Unknown)
Ningsih, Kurnia (Unknown)
Titin, Titin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model kooperatif think talk write berbantuan media leaflet pada materi perubahan lingkungan kelas X MIA 3 SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar observasi proses pelaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan jumlah siswa dengan kategori aktif pada siklus I sebesar 60,61% dan meningkat pada siklus II sebesar 75,76%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75,76% dan meningkat pada siklus II sebesar 87,88%. Persentase proses pembelajaran siklus I sebesar 94.44% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II sebesar 100% dengan kategori baik. Secara keseluruhan pembelajaran kooperatif think talk write berbantuanleaflet dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIA 3 SMA Muhammadiyah 1 Pontianak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ijisedu

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences Other

Description

The journal publishes original articles on the issues and trends occurring internationally in science curriculum, learning, instruction, policy, and preparation of science teachers with the aim to advance our knowledge of science education theory and ...