Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 8, No 2 (2025): September 2025

Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 3 Lotu

Harefa, Kasih Putri (Unknown)
Gulo, Hardikupatu (Unknown)
Zega, Novelina Andriani (Unknown)
Telaumbanua, Desman (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan e-modul berbasis inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, mengetahui kelayakan e-modul berbasis inkuiri oleh para ahli/validator, mengetahui kepraktisane-modul berbasis inkuiri melalui respon peserta didik, dan mengetahui efektifitas e-modul berbasis inkuiri melaluites hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, berupa angket validasi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar berupa tes essay. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil penilaian kelayakan e-modul oleh validator ahli materi (dosen) dengan persentase 98,2% kriteria sangat valid, dan kelayakan e-modul oleh validator ahli materi (guru) dengan persentase 100% kriteria sangat valid. Hasil penilaian kelayakan e-modul oleh validator ahli bahasa dengan persentase 86,1% kriteria valid dan kelayakan e-modul oleh validator ahli desain/media dengan persentase 94,5% kriteria sangat valid. Hasil penilaian kepraktisan e-modul berbasis inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada uji perorangan dengan tingkat pencapaian 92% kategori sangat praktis, uji kelompok kecil dengan tingkat pencapaian 90% dengan kategori sangat praktis, dan pada uji lapangan dengan tingkat pencapaian sebesar 100% kriteria sangat praktis.Efektivitas e-modul dapat dilihat pada test hasil belajar, diperoleh persentase ketuntasan belajar peserta didik sebesar 92% kriteria sangat efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...