JIPSD
Vol. 1 No. 3 (2025): Jurnal Inovasi Pendidikan Sekolah Dasar (April 2025)

Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Sekolah Dasar

Maulida, Awanda (Unknown)
Putri, Paramitha Cantika (Unknown)
Fadlah, Reizah Choiriyatul (Unknown)
Fariha, Tadzkia Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan eksplorasi signifikan terhadap strategi guru untuk mengatasi kesulitan membaca di kalangan siswa kelas dua di Sekolah Dasar Negeri Muarasari 03. Kesulitan membaca menimbulkan tantangan signifikan dalam pembelajaran, yang memengaruhi kemampuan siswa untuk mencapai kompetensi literasi yang diharapkan. Penelitian ini, yang menggunakan pendekatan kualitatif dan berfokus pada dua guru kelas dua sebagai subjek penelitian, sangat penting. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru untuk mendapatkan wawasan tentang pengalaman mereka dalam menangani dan mengelola kesulitan membaca siswa. Temuan menunjukkan bahwa guru menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran membaca, termasuk kesulitan mengenali huruf, memahami struktur kata, dan memproses makna teks secara holistik. Untuk mengatasi tantangan ini, guru menerapkan beragam strategi seperti menggunakan media pengajaran yang berbeda, mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan mereka, dan membina kerja sama yang erat dengan orang tua untuk mendukung pembelajaran berbasis rumah. Implikasinya menyoroti pentingnya strategi pengajaran yang beragam dan adaptif untuk mendukung siswa dalam mengatasi kesulitan membaca. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Focusing on research and development of innovations in elementary education, this journal aims to discover and disseminate new and effective teaching methods and strategies, as well as to improve the quality of learning at the elementary level. The scope covers various topics related to elementary ...