cover
Contact Name
Teguh Prasetyo
Contact Email
teguh@unida.ac.id
Phone
+6282314365556
Journal Mail Official
teguh@unida.ac.id
Editorial Address
Perumahan Grand Sutera Leuwiliang Nomor 15 Desa Leuwimekar Kecamatan Leuwiliang
Location
Kab. bogor,
Jawa barat
INDONESIA
JIPSD
ISSN : 30895804     EISSN : 30895804     DOI : 10.70421/jipsd
Core Subject : Education,
Focusing on research and development of innovations in elementary education, this journal aims to discover and disseminate new and effective teaching methods and strategies, as well as to improve the quality of learning at the elementary level. The scope covers various topics related to elementary education, including innovations in teaching methods, curriculum development, educational technology and its use in the classroom, effective learning strategies, empirical studies on improving the quality of elementary education, educational psychology aspects affecting learning, classroom management and conducive learning environments, assessment and evaluation of learning, inclusive education of elementary school as well as professional development and teacher training.
Articles 22 Documents
Peran Teknologi Terhadap Minat Baca Anak Di SDN Pajajaran 01 Amalia, Marwa; Lubis, Juliani; Hediyansyah, M. Hamid
JIPSD Vol. 1 No. 3 (2025): Jurnal Inovasi Pendidikan Sekolah Dasar (April 2025)
Publisher : Konsorsium Pengetahuan Innoscientia (KOPINNOS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang peran teknologi, khususnya gadget, terhadap minat baca anak di SD. Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk mengetahui peran teknologi terhadap minat baca anak SD di SDN Pajajaran 01. Metode yang digunakan dalam explorasi adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan mewawancarai satu orang guru dan 3 peserta didik di SD tersebut. Perkembangan teknologi di era sekarang ini telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Pemerintah telah mencanangkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) sebagai upaya untuk meningkatkan literasi dasar, termasuk literasi digital. Penggunaan gadget oleh anak-anak memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif antara lain yaitu dapat menambah wawasan dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Namun, dampak negatifnya adalah dapat mengganggu perkembangan, psikologis, prestasi, dan perilaku sosial anak. Tingginya penggunaan gadget juga menyebabkan rendahnya minat baca anak. Artikel ini menekankan pentingnya peran orang tua dan guru dalam menggunakan teknologi secara bijak untuk meningkatkan minat baca anak.
Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Nursyahida, Siti Fadhila; Nurhaliza, Salma; Nurazizah, Siti
JIPSD Vol. 1 No. 3 (2025): Jurnal Inovasi Pendidikan Sekolah Dasar (April 2025)
Publisher : Konsorsium Pengetahuan Innoscientia (KOPINNOS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa Sekolah Dasar dengan baik dan benar dalam berbicara dan menulis. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan keinginan yang tinggi dari siswa untuk mempelajari bahasa Indonesia lebih dalam. Namun pada kenyataannya minat siswa dalam mempelajari bahasa Indonesia masih perlu ditingkatkan lagi. Sasaran pencapaian dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi berbagai komponen penyebab rendahnya minat siswa terhadap pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, angket, dan wawancara yang dilakukan kepada pendidik dan siswa kelas 5 SDN Muarasari 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai faktor yang menyebabkan rendahnya minat siswa terhadap pelajaran bahasa Indonesia, yaitu faktor keluarga, faktor lingkungan sekolah, faktor suasana kelas, dan faktor motivasi internal.
Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Sekolah Dasar Maulida, Awanda; Putri, Paramitha Cantika; Fadlah, Reizah Choiriyatul; Fariha, Tadzkia Nur
JIPSD Vol. 1 No. 3 (2025): Jurnal Inovasi Pendidikan Sekolah Dasar (April 2025)
Publisher : Konsorsium Pengetahuan Innoscientia (KOPINNOS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan eksplorasi signifikan terhadap strategi guru untuk mengatasi kesulitan membaca di kalangan siswa kelas dua di Sekolah Dasar Negeri Muarasari 03. Kesulitan membaca menimbulkan tantangan signifikan dalam pembelajaran, yang memengaruhi kemampuan siswa untuk mencapai kompetensi literasi yang diharapkan. Penelitian ini, yang menggunakan pendekatan kualitatif dan berfokus pada dua guru kelas dua sebagai subjek penelitian, sangat penting. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru untuk mendapatkan wawasan tentang pengalaman mereka dalam menangani dan mengelola kesulitan membaca siswa. Temuan menunjukkan bahwa guru menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran membaca, termasuk kesulitan mengenali huruf, memahami struktur kata, dan memproses makna teks secara holistik. Untuk mengatasi tantangan ini, guru menerapkan beragam strategi seperti menggunakan media pengajaran yang berbeda, mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan mereka, dan membina kerja sama yang erat dengan orang tua untuk mendukung pembelajaran berbasis rumah. Implikasinya menyoroti pentingnya strategi pengajaran yang beragam dan adaptif untuk mendukung siswa dalam mengatasi kesulitan membaca. 
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa PGSD untuk Melanjutkan Program Profesi Guru (PPG) Iyonu, Rusman; Duawulu, Miqdad; Prasetyo, Teguh; Hayu, Wiworo Retnadi Rias
JIPSD Vol. 1 No. 3 (2025): Jurnal Inovasi Pendidikan Sekolah Dasar (April 2025)
Publisher : Konsorsium Pengetahuan Innoscientia (KOPINNOS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif untuk mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi keputusan mahasiswa PGSD untuk melanjutkan program profesi guru. Pendekatan kualitatif dipilih karena mampu memberikan wawasan mendalam tentang pengalaman individu atau latar penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan mahasiswa PGSD dari tiga universitas di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal dan eksternal, seperti pengembangan diri, minat mengajar, dukungan keluarga, dan kebutuhan profesional, berperan dalam keputusan mahasiswa untuk melanjutkan program profesi guru. Meskipun motivasi untuk melanjutkan PPG sangat kuat, kendala keuangan merupakan tantangan yang signifikan bagi sebagian mahasiswa. Implikasi praktis dari temuan ini dapat memberikan wawasan berharga bagi para pendidik, pembuat kebijakan, dan peneliti dalam program pendidikan dan pelatihan guru untuk lebih mendukung mahasiswa PGSD dalam membuat keputusan karier yang tepat.
Peran Guru Profesional dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SDN Nagrak 02 Assyifa, Salma Nur; Sephia, Sephia; Prasetyo, Teguh
JIPSD Vol. 1 No. 3 (2025): Jurnal Inovasi Pendidikan Sekolah Dasar (April 2025)
Publisher : Konsorsium Pengetahuan Innoscientia (KOPINNOS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan karakter di sekolah merupakan upaya penting untuk membentuk peserta didik menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan memiliki tanggung jawab sosial. Penelitian ini ditujukan untuk mengevaluasi peran guru profesional dalam membentuk karakter peserta didik di SDN Nagrak 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan tiga orang guru kelas 5. Temuan penelitian ini menggarisbawahi peran penting guru profesional dalam menumbuhkan nilai-nilai moral dan etika peserta didik. Guru-guru ini memberikan instruksi akademis dan bertindak sebagai panutan yang baik, menunjukkan empati dan integritas. Tantangan utama yang diidentifikasi adalah kurangnya dukungan yang konsisten dari lingkungan sekolah eksternal, yang mungkin tidak selalu sejalan dengan nilai-nilai yang diajarkan di sekolah. Namun, penelitian ini juga menyoroti metode praktis dalam pendidikan karakter, seperti pembelajaran berbasis proyek dan pendekatan kontekstual, yang telah terbukti efektif. Ditekankan juga bahwa upaya kolaboratif antara guru dan orang tua sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang memelihara pengembangan karakter peserta didik.
Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi pada Siswa Sekolah Dasar Nurhida, Pina; Putri, Hanin; Prasetyo, Teguh; Kurniasari, Daningsih
JIPSD Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Inovasi Pengajaran Sekolah Dasar (Desember 2024)
Publisher : Konsorsium Pengetahuan Innoscientia (KOPINNOS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji perkembangan bahasa Indonesia di lingkungan siswa sekolah dasar di tengah globalisasi, dengan fokus pada perspektif guru kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Lulut 01 mengenai penggunaan dan pengajaran bahasa Indonesia saat ini. Metode penelitian kualitatif, termasuk wawancara mendalam, digunakan untuk memahami pengalaman dan sudut pandang guru. Temuan penelitian menunjukkan bahwa bahasa Indonesia terus berkembang di lingkungan siswa sekolah dasar, meskipun menghadapi tantangan dari pengaruh bahasa asing dan bahasa gaul di media sosial. Penelitian ini menekankan perlunya adaptasi strategi pembelajaran dan kerja sama dengan pemerintah, pendidik, dan masyarakat untuk mempertahankan dan memperkuat bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional di era globalisasi. Penelitian ini dapat memberikan wawasan berharga untuk pengembangan kurikulum dan metode pengajaran yang lebih efektif, membentuk masa depan pendidikan bahasa, dan memperkaya wacana tentang peran pendidikan dalam melestarikan identitas nasional di dunia yang mengglobal.
Peran Teknologi Digital Sebagai Inovasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dwi Rahmawati, Hasna; Inayah, Yeti; Marlina, Mina
JIPSD Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Inovasi Pengajaran Sekolah Dasar (Agustus 2024)
Publisher : Konsorsium Pengetahuan Innoscientia (KOPINNOS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, adaptasi dan inovasi dalam dunia pendidikan menjadi hal yang signifikan agar kita dapat mengikuti perkembangan zaman. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka perlu dilakukan identifikasi dan analisis mengenai peranan teknologi digital sebagai inovasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan dengan metode kajian pustaka, yaitu dengan cara mengumpulkan dan mengevaluasi berbagai sumber informasi yang relevan, seperti artikel jurnal ilmiah, laporan penelitian, dan dokumen resmi dari lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi digital berperan aktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan teknologi aplikasi Google Classroom, Canva, Zoom Meeting, YouTube, dan WhatsApp. Simpulan yang disampaikan adalah bahwa teknologi digital atau teknologi aplikasi sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar. Teknologi ini efektif digunakan dalam proses pembelajaran, baik secara langsung maupun tidak langsung
Peran Guru sebagai Agen Inovasi: Mengintegrasikan Model Pembelajaran Efektif di Kelas Khairunnisa, Nur Shabrina; Ashila, Laila
JIPSD Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Inovasi Pengajaran Sekolah Dasar (Agustus 2024)
Publisher : Konsorsium Pengetahuan Innoscientia (KOPINNOS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam mengembangkan individu, masyarakat, dan bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana peran guru sebagai agen perubahan dapat diwujudkan melalui pengintegrasian model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang didasarkan pada kajian pustaka. Hasil analisis menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan berbagai model. Penggabungan beberapa pendekatan, seperti Problem-Based Learning (PBL) dengan Project-Based Learning (PjBL) atau Blended Learning dengan Flipped Classroom, memungkinkan terciptanya proses pembelajaran yang inovatif dan relevan. Pengintegrasian ini mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan menghadapi situasi dunia nyata secara efektif. Upaya ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa tetapi juga mendukung tercapainya hasil belajar yang lebih bermakna, sehingga menawarkan masa depan yang penuh harapan bagi pendidikan.
Penggunaan Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa berdasarkan Perspektif Guru Azzahra, Shakilla; Prasetyo, Teguh
JIPSD Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Inovasi Pengajaran Sekolah Dasar (Agustus 2024)
Publisher : Konsorsium Pengetahuan Innoscientia (KOPINNOS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan teknologi sangat berpengaruh pada semua bidang, termasuk bidang Pendidikan. Dalam dunia Pendidikan, kemajuan teknologi dimanfaatkan dalam membuat inovasi media pembelajaran digital semenarik mungkin. Media pembelajaran digital merupakan sebuah alat bantu dengan teknologi untuk menyampaikan materi kepada siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam terkait perspektif guru dalam penggunaan media pembelajaran digital terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan perspektif guru, media pembelajaran digital dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena saat proses pembelajaran siswa ditampilkan animasi interaktif dan menarik. Namun, guru masih perlu melakukan evaluasi pembelajaran secara berkelanjutan dan mengikuti kegiatan yang dapat meningkatkan kompetensi literasi digital.
Kolaborasi Guru dan Orang Tua untuk Inovasi Pendidikan Berkualitas di Sekolah Dasar Amelia, Dita; Yuliani, Salma
JIPSD Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Inovasi Pengajaran Sekolah Dasar (Agustus 2024)
Publisher : Konsorsium Pengetahuan Innoscientia (KOPINNOS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi kolaborasi antara guru dan orang tua dalam mendukung inovasi pendidikan berkualitas di SDN 16 Tanjungpandan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, melibatkan guru sebagai subjek utama. Data dikumpulkan melalui wawancara yang memfokuskan pada komunikasi, bentuk kerja sama, dan dampaknya terhadap pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi diwujudkan melalui paguyuban kelas, diskusi perencanaan pembelajaran, dan partisipasi aktif orang tua dalam kegiatan sekolah. Kolaborasi ini memberikan dampak positif pada perkembangan akademik dan karakter siswa, meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan waktu dan komunikasi. Rekomendasi penelitian mencakup penguatan komunikasi, pemanfaatan teknologi, dan pengembangan strategi inovatif untuk meningkatkan keterlibatan orang tua. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan pendidikan dasar di wilayah lokal.

Page 1 of 3 | Total Record : 22