JIPSD
Vol. 1 No. 3 (2025): Jurnal Inovasi Pendidikan Sekolah Dasar (April 2025)

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa PGSD untuk Melanjutkan Program Profesi Guru (PPG)

Iyonu, Rusman (Unknown)
Duawulu, Miqdad (Unknown)
Prasetyo, Teguh (Unknown)
Hayu, Wiworo Retnadi Rias (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif untuk mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi keputusan mahasiswa PGSD untuk melanjutkan program profesi guru. Pendekatan kualitatif dipilih karena mampu memberikan wawasan mendalam tentang pengalaman individu atau latar penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan mahasiswa PGSD dari tiga universitas di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal dan eksternal, seperti pengembangan diri, minat mengajar, dukungan keluarga, dan kebutuhan profesional, berperan dalam keputusan mahasiswa untuk melanjutkan program profesi guru. Meskipun motivasi untuk melanjutkan PPG sangat kuat, kendala keuangan merupakan tantangan yang signifikan bagi sebagian mahasiswa. Implikasi praktis dari temuan ini dapat memberikan wawasan berharga bagi para pendidik, pembuat kebijakan, dan peneliti dalam program pendidikan dan pelatihan guru untuk lebih mendukung mahasiswa PGSD dalam membuat keputusan karier yang tepat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Focusing on research and development of innovations in elementary education, this journal aims to discover and disseminate new and effective teaching methods and strategies, as well as to improve the quality of learning at the elementary level. The scope covers various topics related to elementary ...