Paradigma: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Vol 11 No 02 (2025): PARADIGMA JURNAL ILMU PENDIDIKAN DAN HUMANIORA

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH SASTRA BERBASIS MULTIMEDIA

Parai, Hestiyani (Unknown)
Hanifah, Shabrina (Unknown)
Kania Salsabila (Unknown)
Agustinus Gunawan (Unknown)
Salwa Hanifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas bahan ajar dalam bidang studi Sejarah Sastra Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang melibatkan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dengan membuat media ajar yang menarik dan inovatif. Penelitian ini membantu para mahasiswa untuk lebih mudah memahami materi ajar aliran-aliran sastra dalam bidang studi Sejarah Sastra yang diberikan serta mengevaluasi apakah media ajar yang diterapkan berfungsi dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan metodologis berupa ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang merupakan kerangka kerja umum dalam pengembangan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dengan melibatkan TIK berupa PPT interaktif, infografis, dan video animasi berfungsi secara efektif dalam pembelajaran Sejarah Sastra.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal PARADIGMA mengedepankan telaah terpadu disiplin pendidikan, keguruan, dan ilmu-ilmu kemanusiaan secara luas. Publikasi tulisan dalam PARADIGMA ini dijalankan oleh para dosen dari tiga disiplin di STKIP Hatta-Sjahrir Banda Naira, yaitu Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan ...