Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas bahan ajar dalam bidang studi Sejarah Sastra Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang melibatkan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dengan membuat media ajar yang menarik dan inovatif. Penelitian ini membantu para mahasiswa untuk lebih mudah memahami materi ajar aliran-aliran sastra dalam bidang studi Sejarah Sastra yang diberikan serta mengevaluasi apakah media ajar yang diterapkan berfungsi dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan metodologis berupa ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang merupakan kerangka kerja umum dalam pengembangan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dengan melibatkan TIK berupa PPT interaktif, infografis, dan video animasi berfungsi secara efektif dalam pembelajaran Sejarah Sastra.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025