Jurnal Pendidikan Guru Profesional
Vol. 1 No. 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN GURU PROFESIONAL

Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Berbantuan Media Tokoh Idola pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Semarang

Ulfiana, Ulfiana (Unknown)
Septiana, Ika (Unknown)
Rahayu, Winarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh data dan mengetahui apakah media tokoh idola berpengaruh terhadap keterampilan peserta didik menulis khususnya teks biografi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian yaitu 36 peserta didik kelas X-3 dengan pengumpulan data berupa tes. SPSS 16 digunakan untuk menganalisis data untuk mencari mean, uji normalitas variabel, serta menguji paired sample t-test. Nilai mean awal siklus yaitu 67,28, pada siklus I meningkat menjadi 81,00, serta pada siklus II meningkat menjadi 87,11. Hasil normalitas uji Saphiro-Wilk, menunjukkan nilai sebelum penggunaan media tokoh idola bersignifikansi 0,010 > 0,05, sedangkan nilai sisudah penggunaan media tokoh idola bersignifikansi 0,018 > 0,05. Disimpulkan bahwa distribusi penelitian adalah normal. Berdasarkan hasil paired sample test, signifikansi â‚‚tailed < 0,05 dengan perolehan 0,000 < 0,05, dengan thitung > ttabel (12.848> 2,030), maka menunjukkan bahwa Hipotesis awal di tolak dan Hipotesis akhir diterima. Dapat disimpulkan penggunaan tokoh idola berpengaruh pada keterampilan menulis biografi peserta didik kelas X-3 SMA Negeri 5 Semarang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpgp

Publisher

Subject

Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN GURU PROFESIONAL menerbitkan artikel hasil penelitian dan kajian konseptual di bidang PPG. JURNAL PENDIDIKAN GURU PROFESIONAL mempublikasikan hasil penelitian yang menggunakan berbagai metode dan pendekatan kualitatif dan/atau kuantitatif di bidang PPG. Jurnal ini mencakup semua ...