Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning (PBL) pada materi Ketentuan dan Hikmah Puasa di kelas III SD Negeri 215/III Kebun Baru. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek 13 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I, ketuntasan mencapai 62%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 92%, dengan peningkatan sebesar 30%. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan, dengan keterlibatan lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dari temuan ini, dapat disimpulkan bahwa PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi Ketentuan dan Hikmah Puasa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024