Toga Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2025): Agustus 2025

Analisis Perencanaan dan Pemahaman Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Sejarah di MAN 1 Medan

Daulay, mawarda (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana nilai-nilai keislaman direncanakan dan diimplementasikan dalam pembelajaran sejarah di MAN 1 Medan serta memahami pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif melalui studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sejarah secara sistematis menyusun perencanaan pembelajaran yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam dalam RPP dan silabus. Implementasi nilai-nilai seperti kejujuran, disiplin, toleransi, dan keadilan dilakukan melalui metode ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan proyek kreatif. Penggunaan media pembelajaran seperti video dokumenter dan kunjungan ke situs bersejarah Islam juga turut memperkaya proses belajar. Pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai keislaman berkembang secara positif, tercermin dari sikap dan respons selama pembelajaran. Kendala seperti keterbatasan sumber belajar, waktu yang sempit, dan kurangnya dukungan eksternal diatasi melalui kolaborasi antarguru dan strategi pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai Islam di MAN 1 Medan mampu membentuk karakter peserta didik yang religius, berakhlak mulia, dan memiliki semangat kebangsaan yang tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

toga

Publisher

Subject

Education

Description

Toga Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan merupakan jurnal yang membahas ilmu dibidang Keguruan dan Pendidikan, jurnal ini sebagai wadah untuk menuangkan hasil penelitian baik secara konseptual maupun teknis yang berkaitan dengan Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Toga Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan ...