Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model Project Based Learning terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata Pelajaran fikih materi pengurusan jenazah dikelas X MA Al-Fattah Sungai Binjai Kabupaten Bungo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Experiment dengan desain Pre experiment (non-desain). dan bentuk dari desainnya adalah pretest postest one grup design. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena mengambil seluruh populasi dari siswa kelas X di MA Al-Fattah Sungai Binjai dengan jumlah subyek penelitian 15 responden, penelitian ini hanya menggunakan satu kelas saja tanpa adanya kelas perbandingan. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan statistika analitik. Dan dua variabel yang ada yaitu variabel X (Model Project Based Learning) dan variabel Y (Hasil Belajar Siswa). Kemudian data peneliti dari dua variabel tersebut diolah untuk mengetahui dan menjawab pertanyaan peneliti. Peneliti melakukan Pretest dan Postest untuk memperoleh data variabel X dan Variabel Y. Dari Hasil analisis statistik dengan paried sample t-test dengan mengunakan uji t dapat diketahui bahwa nilai t tabel sebesar 1,753. Dengan frekuensi (dk) sebesar 15-1=14 pada taraf signifikan 0,05% diperoleh -4.381. oleh karena itu -t hitung < - t tabel pada taraf signifikan 0,05 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima yang berarti bahwa ada pengaruh dalam menerapkan model project-based learning terhadap hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024