MUTAADDIB: Islamic Education Journal
Vol. 2 No. 2 (2024): (October 2024)

Peranan Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Dalam Memberantas Buta Aksara Al-Qur’an Pada Tpa Asri Bungo Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo

Zulpaerah (Unknown)
Khamim, Siti (Unknown)
Wandari, Ayu (Unknown)
Mawaddah, Mawaddah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang Peranan Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Dalam Memberantas Buta Aksara Al-Qur’an Pada TPA Asri Bungo Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, artinya yaitu penulis akan mendeskripsikan metode pengumpulan data berasal observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sumber data primer dalam penelitian ini langsung dari sumber datanya yaitu Majelis Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), kepala Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dan santri yang belajar di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu dokumen dan arsip Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Asri Bungo Desa Tanah Periuk Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo. Teknik analisis yang di gunakan yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan tentang Upaya Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam Memberantas Buta Aksara Al-Qur’an dengan cara yang pertama Mengadakan pelatihan, Kedua Bekerja sama dengan kepala Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Ketiga Menambahkan waktu atau jam pelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Mutaaddib

Publisher

Subject

Education

Description

MUTAADDIB: Islamic Education Journal is published by Islamic Education Study Program with Center for Research, Publications and Community Service Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. It’s dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Education. The languages used in ...