MUTAADDIB: Islamic Education Journal
Vol. 3 No. 1 (2025): (April 2025)

Penerapan CIRC (Cooperatif Integrated Reading Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Literal Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Rahmadini, Fitria (Unknown)
Chandra (Unknown)
Kharisma, Inggria (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2025

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas empat di sekolah dasar. Kemampuan membaca secara literal adalah keterampilan krusial dalam memahami informasi yang terdapat dalam berbagai teks. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan pada siswa kelas empat di sebuah sekolah dasar negeri, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui tes membaca, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh hasil yang komprehensif. Dengan adanya peningkatan rata-rata skor tes dari tahap sebelum tindakan hingga akhir siklus, model CIRC terbukti menjadi salah satu metode yang efektif untuk pengajaran membaca di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini memanfaatkan model McTaggart, yang terdiri dari empat tahap utama: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Mutaaddib

Publisher

Subject

Education

Description

MUTAADDIB: Islamic Education Journal is published by Islamic Education Study Program with Center for Research, Publications and Community Service Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. It’s dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Education. The languages used in ...