MUTAADDIB: Islamic Education Journal
Vol. 1 No. 2 (2023): (October 2023)

Analisis Pemahaman Makna Kiasan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Pasaman Barat

Wulan Tamba (Unknown)
Chandra (Unknown)
Inggria Kharisma (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2023

Abstract

Pemahaman terhadap makna kiasan masih menjadi tantangan bagi siswa sekolah dasar, terutama siswa kelas V yang berada pada tahap perkembangan operasional konkret. Penelitian ini berfokus pada analisis Tingkat pemahaman siswa terkait makna kiasan dari aspek kognitif dan psikomotorik. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek lima siswa kelas V yang dipilih secara purposive dari lingkungan tempat tinggal peneliti. Instrumen penelitian mencakup tes kognitif berupa soal pilihan ganda dan esai pendek, serta tugas psikomotorik berupa analisis teks yang mengandung makna kiasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada pada kategori Cukup dan Baik dalam memahami makna kiasan. Siswa lebih mampu mengenali makna kiasan dibandingkan menjelaskannya secara kontekstual atau menggunakannya dalam kalimat. Kesulitan utama ditemukan pada kemampuan menafsirkan frasa kias secara simbolis dan mengaplikasikannya dalam penggunaan bahasa sehari-hari. Temuan ini mengindikasikan bahwa kemampuan berpikir simbolik pada siswa masih berkembang dan memerlukan dukungan strategi pembelajaran yang sesuai. Maka dari itu, penelitian ini merekomendasikan penggunaan pendekatan kontekstual dan multisensori dalam pembelajaran bahasa untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap makna kiasan secara bermakna dan aplikatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Mutaaddib

Publisher

Subject

Education

Description

MUTAADDIB: Islamic Education Journal is published by Islamic Education Study Program with Center for Research, Publications and Community Service Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. It’s dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Education. The languages used in ...