Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi
Vol 10, No 3 (2025): AGUSTUS 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GEOGRAPHICAL INQUIRY TERHADAP BERPIKIR ANALITIS SISWA PADA MATERI GEOGRAFI DI MA AL-KAUTSAR

Isa, Muhammad (Unknown)
Almegi, Almegi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajran Geoghraphical Inquiry terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada materi hidrosfer di kelas X MA Al-Kautsar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen desain non equivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari empat kelas. Penarikan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dimana siswa kelas X-A untuk kelas eksperimen dengan perlakuan menggunakan model pembelajaran Geoghraphical Inquiry dan siswa kelas X-B untuk kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Analisis data penelitian menggunakan statistik parametrik dengan uji beda (uji t) dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Geoghraphical Inquiry pada kelas eksperimen memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada materi hidrosfer. Hal ini dibuktikan dengan uji independent sample test kelas eksperimen dan kontrol, tidak ada perbedaan saat pretest (t-hitung t-tabel /0,432 2,0117), dan ada perbedaan signifikan pada posttest (t-hitung t-tabel /4,929 2,0117). Berdasarkan uji paired sample test, baik di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol terdapat perbedaan nilai antara pretest dan postest (t-hitung t-tabel 19,762 2,0117 pada kelas eksperimen dan 7,359 2,0117 pada kelas kontrol) yang menunjukkan bahwa kedua perlakuaan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis. Namun, pengaruh yang lebih besar ditunjukkan pada kelas eksperimen dengan rata rata N-Gain skor 69,34 (kategori sedang), dibandingkan rata-rata N-Gain skor kelas kontrol sebesar 17,04 (kategori rendah).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

geografi

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Other

Description

urnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi (JIMPGEO) is a scientific journal which is a place for publication of the results of research on the final project of undergraduate (S1) students in the Department of Geography Education. JIMPGEO publishes one volume and four numbers in a year, namely in ...