Kesiapan mengajar merupakan suatu kondisi dimana keadaan seseorang memiliki kemampuan baik dari segi mental, fisik, sosial, maupun emosional serta dapat menjalankan keseluruhan sistem proses belajar mengajar. Mahasiswa keguruan diharapkan memiliki motivasi mengajar dan minat menjadi guru yang tinggi sehingga dapat menjadi guru yang profesional dan siap melaksanakan pembelajaran dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara motivasi mengajar dan minat menjadi guru dengan kesiapan mengajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi mengajar dan minat menjadi guru dengan kesiapan mengajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Geografi Angkatan 2017 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala yang telah lulus mata kuliah pengajaran mikro yaitu sebanyak 47 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penghitungan regrsi ganda diperoleh persamaan regrsi Y = 13,15 + 0,53 X_1+ 0,16 X_2 dan tingkat hubungan atara motivasi mengajar dan minat menjadi guru dengan kesiapan mengajar memiliki koefisien korelasi berganda sebesar 0,66. Artinya terdapat hubungan yang positif dengan kategori kuat. Hasil koefisien determinasi sebesar 43,56%. Uji signifikansi menunjukkan Fhitung (16,15) Ftabel (3,21) sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi mengajar dan minat menjadi guru dengan kesiapan mengajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala.
Copyrights © 2022