Model think talk write merupakan model pembelajaran membangun pemikiran, merefleksi, mengorganisasi ide, dan menguji ide tersebut sebelum siswa diharapkan untuk menulis. Media gambar merupakan gambar yang tidak terproyeksi, baik di lingkungan siswa maupun orang dewasa, mudah diperoleh dan ditunjukkan kepada siswa. Hasil penelitian membuktikan, persentase ketuntasan individual meningkat dari 14 siswa yang tuntas siklus satu, 18 siswa tuntas siklus dua, dan 24 siswa tuntas siklus tiga. Persentase ketuntasan klasikal siklus I hanya 50%, siklus II 70%, serta siklus III menjadi 90%. Aktivitas guru dan siswa meningkat menjadi sesuai dengan persentase waktu ideal. Keterampilan guru meningkat dari perolehan skor 2,37 pada siklus I dengan kategori sedang, skor 3,04 pada siklus II berkategori baik, dan 3,42 pada siklus III berkategori baik. Respon siswa dapat dikatakan baik, 77 persen dari 26 siswa mengatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran think talk write berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII/1 SMP Negeri 18 Banda Aceh dalam bahan pembelajaran potensi dan pemanfaatan sumber daya alam.Kata kunci: penerapan, think talk write, media gambar, hasil belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018