Lintang Aksara
Vol. 1 No. 1 (2022): Lintang Aksara

PENERAPAN MODEL EXAMPLE-NONEXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI

Muhammad Fiqhi Fahrezy (Unknown)
Budiyono, Herman (Unknown)
Harahap, Eddy Pahar (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendesripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran kelasVIII D sesi ganjil dalam materi menulis teks persuasif ketika diterapkannya model example-nonexample. Jenispenelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan penelitiandalam PTK terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakanyaitu teknik analisis data kualitatif untuk menganalisis data berupa proses pembelajaran. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran pada siklus-1 berada pada kategori cukup baik (CB), skorkualitas proses pembelajaran: 3,49; dan kualitas proses pembelajaran pada siklus-2 berkategori baik (B),dengan skor kualitas proses pembelajaran: 4,49. Simpulannya, penerapan model example-nonexample dapatmeningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis teks persuasif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jla

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

language and literature learning, language and literature learning curriculum, language and literature learning evaluation, Indonesian language research, Indonesian literature research, linguistics, applied linguistics, pragmatics, Indonesian as a Foreign Language (BIPA), ...