Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi dari banyaknya bermunculan tulisan generasi muda yang bersifat negatif dan tidak sesuai dengan kaedah penulisan yang baik dan benar di berbagai media digital, hal ini tentunya memperihatinkan masyarakat, sehingga tim pengabdian dari Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara memiliki inisiatif untuk melakukan kegiatan pengabdian berupa workshop pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan minat dan kemampuan serta keterampilan menulis siswa sebagai generasi muda. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian adalah partisapatif, interkatif dan pelatihan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini diukur dengan menggunakan kuesioner, aktivitas menulis siswa setelah kegiatan pengabdian dari total keseluruhan setuju berjumlah 246 responden, Ini meningkat dari jawaban setuju sebelum pelaksanaan kegiatan yang berjumlah 205 responden. Kedua, tingkat pemahaman siswa terkait dengan isi tulisan atau pesan yang disampaikan di ruang media menunjukkan adanya peningktan setelah pelaksanaan kegiatan. Dampak tulisan negatif dapat membuat orang menjadi khawatir dengan skor 47 atau naik 14 point dari skor sebelunya sebesar 34. Ketiga, peningakatan pemanfaatan dalam menulis di media digital, indikator tersebut ditujukan pada pernyataan bahwa tulisan yang dibuat di internet akan dibaca oleh orang lain dengan skor setuju 56 jika dibandingan sebelum pelaksanaan kegiatan yang hanya 11.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024