Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak pelaksanaan Festival Literasi dan Numerasi (Fest LitNum) terhadap peningkatan literasi dan numerasi siswa di SD Inpres Unggulan Puri Taman Sari. Metode yang digunakan meliputi kegiatan kreatif, seperti pembuatan Mading untuk literasi dan Market Day untuk numerasi. Kegiatan literasi mendorong siswa untuk menulis artikel, berkolaborasi, dan menggunakan bahasa secara kreatif, sedangkan kegiatan numerasi melibatkan simulasi transaksi jual beli, pengelolaan keuangan, serta pengukuran dan estimasi. Hasil menunjukkan bahwa Fest LitNum berhasil meningkatkan keterampilan literasi melalui peningkatan kemampuan menulis, kolaborasi, dan minat baca siswa. Pada aspek numerasi, siswa menunjukkan pemahaman lebih baik terhadap konsep matematika dasar dan relevansinya dalam kehidupan sehari-hari. Partisipasi aktif siswa, dukungan guru, serta relevansi kegiatan terhadap kehidupan nyata memainkan peran penting dalam keberhasilan program ini. Kesimpulannya, Fest LitNum menjadi model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa. Dengan pengembangan lebih lanjut, program ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan terhadap kualitas pendidikan di SD Inpres Unggulan Puri Taman Sari.
Copyrights © 2024