Axiology
Vol. 1 No. 2 (2024): Axiology: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat

Pelaksanaan Fest Litnum dalam Peningkatan Literasi dan Numerisasi Siswa SD Inpres Unggulan Puri Taman Sari

Klara, Kristina (Unknown)
Sunra, La (Unknown)
Thalib, Ahmad (Unknown)
Ariyani, Amra (Unknown)
Saud, Chaerul Fadlan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak pelaksanaan Festival Literasi dan Numerasi (Fest LitNum) terhadap peningkatan literasi dan numerasi siswa di SD Inpres Unggulan Puri Taman Sari. Metode yang digunakan meliputi kegiatan kreatif, seperti pembuatan Mading untuk literasi dan Market Day untuk numerasi. Kegiatan literasi mendorong siswa untuk menulis artikel, berkolaborasi, dan menggunakan bahasa secara kreatif, sedangkan kegiatan numerasi melibatkan simulasi transaksi jual beli, pengelolaan keuangan, serta pengukuran dan estimasi. Hasil menunjukkan bahwa Fest LitNum berhasil meningkatkan keterampilan literasi melalui peningkatan kemampuan menulis, kolaborasi, dan minat baca siswa. Pada aspek numerasi, siswa menunjukkan pemahaman lebih baik terhadap konsep matematika dasar dan relevansinya dalam kehidupan sehari-hari. Partisipasi aktif siswa, dukungan guru, serta relevansi kegiatan terhadap kehidupan nyata memainkan peran penting dalam keberhasilan program ini. Kesimpulannya, Fest LitNum menjadi model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa. Dengan pengembangan lebih lanjut, program ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan terhadap kualitas pendidikan di SD Inpres Unggulan Puri Taman Sari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

AXIOLOGY

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Axiology: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat merupakan media publikasi ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan ...