Entrepreneurship memiliki peran yang sangat penting dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaanyang semakin besar dan lapangan pekerjaan yang tersedia lebih sedikit. Dalam menghadapi persainganglobal ini, masyarakat Indonesia di harapkan untuk dapat menggerakkan kembali kehidupanperekonomian Indonesia yaitu melalui penanaman nilai-nilai kewirausahaan. Salah satu pendidikanIslam yang dapat membantu mengembangkan kegiatan wirausaha adalah pondok pesantren, potensi iniditunjukkan karena pesantren di tuntut untuk merubah sistem tatanan pembelajaran di era modern saatini. Tujuan pendidikan entrepreneurship di Pondok Pesantren Putri Mamba’ul Hikam ini selainmencontoh jejak Rasuluallah sebagai seorang pedagang juga memberikan bekal bagi santri ketikakeluar dari pondok untuk menjadi pribadi yang kreatif dan terampil. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif lapangan yang bersifat diskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitumelalui observasi, interview, dokumentasi dan triangulasi. Untuk analisis datap menggunakan preduksidata, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang sudah di dapatkan menunjukkanbahwa pendidikan entrepreneurship dalam meningkatkan sikap kreativitas santri di Pondok PesantrenPutri Mamba’ul Hikam sudah mampu menciptakan produk sendiri yang meliputi pembuatan ecobrik,teh tin, kue dari bahan dasar tin, pupuk organik dari bahan sisa sayuran dapur, dan kerajinan tangandari daur ulang sampah
Copyrights © 2021