Binary: Jurnal Teknologi Informasi dan Edukasi
Vol. 2 No. 2 (2025): Jurnal Binary Vol. 2 No. 2 (2025)

Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan E-Modul Desain Grafis Kelas X Di SMK PGRI 2 Belitang

Nanik Yohana, Kristina (Unknown)
Effendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X di SMK PGRI 2 Belitang melalui penggunaan e-modul desain grafis. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini terdiri dari 22 siswa yang di observasi dan di analisis selama proses pembelajaran. E-modul desain grafis yang di buat berisi materi interaktif, yang dirancang praktis untuk menarik siswa dan meningkatkan keterlibatan mereka selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-modul berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa yang di ukur melalui angket motivasi sebelum dan sesudah penerapan e-modul. Pada siklus I rata – rata skor motivasi siswa adalah 76,91% sedangkan setelah siklus II meningkat menjadi 80,32 %. selain itu observasi partisipasi siswa selama pembelajaran juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penggunaan e-modul desain grafis efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK PGRI 2 Belitang, serta memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini mrekomendasikan penerapan e-modul sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran desain grafis di SMK PGRI 2 Belitang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Binary

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Binary is Journal of Information Technology and Education managed by the Information Technology Education Study Program, Faculty of Education, Nurul Huda University. Binary Journal is published two times a year, namely in January and July. Binary has coverage of research in the fields of ...