Binary: Jurnal Teknologi Informasi dan Edukasi
Vol. 2 No. 2 (2025): Jurnal Binary Vol. 2 No. 2 (2025)

Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs Al-Ikhlas Pemetung Basuki

Vaujiah, Nadif (Unknown)
Mustofa, M Iqbal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan karena dapat menunjang hasil belajar siswa. Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi diharapkan mampu membantu proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Informatika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk media pembelajaran animasi untuk siswa kelas VII.I di MTs Al-Ikhlas Pemetung Basuki; (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran animasi yang dikembangkan; dan (3) Mengetahui persentase peningkatan minat belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang mencakup tahapan Analysist, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan hasil analisis data angket minat belajar siswa sebelum intervensi, diketahui bahwa 5 siswa (20,83%) termasuk kategori tinggi, 14 siswa (58,34%) kategori sedang, dan 5 siswa (20,83%) kategori rendah. Dan hasil analisis data angket setelah intervensi, terjadi peningkatan: siswa dengan kategori tinggi menjadi 6 orang (25%), kategori sedang menjadi 16 orang (66,67%), dan kategori rendah menurun menjadi 2 orang (8,33%). Dengan demikian, meskipun minat belajar siswa secara keseluruhan masih tergolong sedang, terjadi peningkatan pada kategori, yaitu kategori tinggi meningkat sebesar 4,17%, kategori sedang 8,33%, dan kategori rendah menurun 12,5%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran animasi yang dikembangkan berkontribusi positif dalam meningkatkan minat belajar siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Binary

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Binary is Journal of Information Technology and Education managed by the Information Technology Education Study Program, Faculty of Education, Nurul Huda University. Binary Journal is published two times a year, namely in January and July. Binary has coverage of research in the fields of ...