Pembelajaran Al-Qur’an Hadits merupakan bagian penting dalam Pendidikan Agama Islam di Madrasah, yang bertujuan tidak hanya untuk pemahaman teori saja, tetapi juga pengalaman nilai-nilai islam dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikandan menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII A di MTs Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model ini diterapkan dengan baik sesuai dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencaanya meliputi penyusunan materi ajar, penyusunan ATP, pembuatan modul ajar, dan persiapan evaluasi. Pelaksanaanya dimulai dengan penyampaian tujuan, pemberian permasalahan, diskusi kelompok, kegiatan presentasi dan Kesimpulan dari guru. Evaluasi dilakukan melalui pengamatan terhadap siswa dan presentasi siswa. Penerapan model ini mendorong keterlibatan aktif pada siswa, rasa bertanggung jawab dan kerja sama dalam memahami materi pembelajaran.
Copyrights © 2025