Jurnal Pendidikan Islam Al Ikhlas
Vol 2 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan Agama Islam

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII A di MTs Muhammadiyah Purwokerto

Lukmatun Khasanah, Lulu (Unknown)
Mulyani, Novi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2025

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an Hadits merupakan bagian penting dalam Pendidikan Agama Islam di Madrasah, yang bertujuan tidak hanya untuk pemahaman teori saja, tetapi juga pengalaman nilai-nilai islam dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikandan menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII A di MTs Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model ini diterapkan dengan baik sesuai dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencaanya meliputi penyusunan materi ajar, penyusunan ATP, pembuatan modul ajar, dan persiapan evaluasi. Pelaksanaanya dimulai dengan penyampaian tujuan, pemberian permasalahan, diskusi kelompok, kegiatan presentasi dan Kesimpulan dari guru. Evaluasi dilakukan melalui pengamatan terhadap siswa dan presentasi siswa. Penerapan model ini mendorong keterlibatan aktif pada siswa, rasa bertanggung jawab dan kerja sama dalam memahami materi pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PPAI

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Islam Al-Ikhlas merupakan jurnal ilmiah open access yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ikhlas Dairi Sidikalang. Jurnal ini berkomitmen menjadi media publikasi akademik yang berkualitas dan kredibel di bidang Pendidikan Agama Islam. Diterbitkan dua kali dalam ...