Penerapan model Project-Based Learning bertema Interaksi Manusia-Lingkungan (PJBL-HEIT) sebagai pendekatan strategis untuk mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dalam konteks pendidikan Indonesia. Dengan mengintegrasikan kesadaran lingkungan dalam proses pembelajaran, PJBL-HEIT bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi dan pemecahan masalah pada siswa, sejalan dengan nilai-nilai Profil Siswa Pancasila. Studi ini menyoroti pentingnya pembelajaran berdasarkan pengalaman dalam mengatasi permasalahan lingkungan lokal sekaligus berkontribusi terhadap tujuan SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) dan SDG 13 (Aksi Iklim) yang lebih luas. Temuan menunjukkan bahwa penerapan PJBL-HEIT dapat meningkatkan literasi lingkungan dan pengembangan karakter siswa secara signifikan, yang pada akhirnya mempersiapkan mereka menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan berkomitmen terhadap pembangunan berkelanjutan.
Copyrights © 2025