Seumike : Society Progress Journal
Vol. 1 No. 1 (2025): SEUMIKE

Realisasi SDGs melalui Desain Model Project based Human-environment Interaction Theme (PJBL-HEIT) untuk mendukung pencapaian profil pelajar Pancasila

Puspita Annaba Kamil (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2025

Abstract

Penerapan model Project-Based Learning bertema Interaksi Manusia-Lingkungan (PJBL-HEIT) sebagai pendekatan strategis untuk mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dalam konteks pendidikan Indonesia. Dengan mengintegrasikan kesadaran lingkungan dalam proses pembelajaran, PJBL-HEIT bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi dan pemecahan masalah pada siswa, sejalan dengan nilai-nilai Profil Siswa Pancasila. Studi ini menyoroti pentingnya pembelajaran berdasarkan pengalaman dalam mengatasi permasalahan lingkungan lokal sekaligus berkontribusi terhadap tujuan SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) dan SDG 13 (Aksi Iklim) yang lebih luas. Temuan menunjukkan bahwa penerapan PJBL-HEIT dapat meningkatkan literasi lingkungan dan pengembangan karakter siswa secara signifikan, yang pada akhirnya mempersiapkan mereka menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan berkomitmen terhadap pembangunan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Humanities Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Nursing Social Sciences

Description

Seumike : Society Progress Journal accepts original research articles, literature reviews, as well as critical essays from various relevant disciplines with a research focus on : Social Science Humanistics Politics Technology development Humanities, Economy Environment, Arts and culture. The journal ...