Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil belajar siswa ketika diterapkan perlakuan berupa pengimplementasian model kooperatif Jigsaw. Subjek penelitian kuantitatif ini berupa hasil belajar peserta didik kelas XI MAN 1 Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian lanjutannya adalah quasi eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes berupa soal pretest dan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa dan instrumen angket untuk mendapatkan hasil respons dan minat siswa terhadap model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Analisis soal menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik parametrik berupa sample t-test dengan mengidentifikasi, menganalisis, dan mendeskripsikan hasil belajar dan angket siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw lebih efektif dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran tersebut dengan nilai rata-rata 78,6 76,9 dengan taraf signifikansi 0,000; (2) respons dan minat siswa terhadap model pembelajaran kooperatif Jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena diperoleh hasil sig di angka 0,000 lebih kecil dari 0,05. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model kooperatif Jigsaw pada materi cerita pendek di kelas XI dan sebagai alternatif media pembelajaran bagi pengajar pada materi-materi lainnya.This study aims to describe student learning outcomes when the treatment is applied by implementing a Jigsaw cooperative model. The subject of this quantitative research is the learning outcomes of class XI MAN 1 Cirebon students. The method in this study is quantitative with the type of follow-up research quasi-experimental. Data was collected through tests in the form of pretest and posttest questions to find out student learning outcomes and a questionnaire instrument to get the results of students' responses and interest in the Jigsaw cooperative learning model. Analysis of the questions used validity and reliability tests while data analysis used descriptive analysis and parametric statistical analysis by identifying, analyzing, and describing student learning outcomes and questionnaires. The results of this study are: (1) Classes that use the Jigsaw cooperative learning model are more effective than classes that do not use this learning model with an average value of 78.6 76.9 with a significance level of 0.000. (2) Students' responses and interest in the Jigsaw cooperative learning model affect student learning outcomes because the sig results obtained at 0.000 are smaller than 0.05. The benefit of this research is to find out the effectiveness of the Jigsaw cooperative model in short story material in class XI and as an alternative learning media for teachers in other materials.
Copyrights © 2024