ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin
Vol. 2 No. 5 (2024): ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisplin, Mei 2024

Bela Negara sebagai Upaya Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Mandiri di Kelas X SMK Negeri 1 Adiwerna

Achyani, Roos Arrafi (Unknown)
Kristiono, Natal (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Pedidikan bela negara merupakan salah satu kunci dalam pembentukan kepribadian siswa. Tindakan negatif siswa seperti kekerasan di sekolah, tawuran antar pelajar, pornografi, penggunaan narkotika di Indonesia mengalami peningkatan sebagai tanda degredasi moral. Pendidikan bela negara merupakan salah satu upaya yang ditempuh untuk menekan penurunan degradasi moral yang terjadi pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data dan observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan di lapangan. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan bela negara sebagai upaya penguatan profil pelajar pancasila dimensi mandiri di kelas X SMK Negeri 1 Adiwerna berhasil dilakukan dengan tahapan perencanaan, penerapan dan evaluasi sesuai indikator pada dimensi mandiri profil pelajar pancasila yaitu siswa dapat melakukan tindakan-tindakan secara konsisten guna mencapai tujuan karir dan pengembangan dirinya di masa depan serta berusaha mencari dan melakukan alternatif tindakan lain yang dapat dilakukan ketika siswa menemui hambatan. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambatnya melalui komunikasi dan mediasi dengan orang tua siswa.

Copyrights © 2024