ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin
Vol. 2 No. 9 (2024): ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisplin, September 2024

Peran Komunitas Virtual sebagai Media Dukungan Emosional, Sosial, dan Peningkatan Motivasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Hudhriah, Syarifah (Unknown)
Amanda Mutiara Rahman (Unknown)
Alfridho Rayhansyah (Unknown)
Pia Khoirotun Nisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran dari komunitass virtual dan apa saja bentuk peran komunitas virtual dalam mendukung pembelajaran jarak jauh. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan deskriptif dengan pengambilan data menggunakan hasil-hasil kajian dari penelitian terdahulu juga beberapa sumber berita yang menggambarkan kondisi yang faktual dan dapat dipercaya. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah komunitas virtual memiliki peran sebagai wadah untuk orang-orang yang memiliki hobi, ketertarikan bahkan tujuan yang sama dalam bertukar informasi atau berinteraksi secara aktif. Jika dilihat peran Aplikasi Duolingo memiliki kegunaan sebagai media dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris, di antaranya adalah para pengguna lebih mudah memahami materi. Selain sebagai wadah bagi individu dalam berinteraksi dan bertukar pikiran mengenai hal yang digemari, komunitas virtual atau dalam aplikasi Duolingo memiliki bentuk peran sebagai berikut: 1. Dukungan Emosional dan Sosial, maksudnya adanya komunitas virtual dapat menciptakan lingkungan yang mendukung, di mana para anggota komunitas saling memberikan dukungan emosional dan memotivasi satu sama lain dalam menghadapi tantangan pembelajaran jarak jauh sehingga menghadirkan semangat yang terus ada dalam diri individu untuk terus belajar. 2. Dukungan Pendidik dan Penyedia Materi. 3. Peningkatan Motivasi dan Keterlibatan.

Copyrights © 2024