ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin
Vol. 2 No. 8 (2024): ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisplin, Agustus 2024

Eksplorasi Faktor Penentu Niat Beli Kembali melalui Aplikasi Online: Studi Kasus Konsumen Kopi Kenangan di Jakarta

Avilla, Bobby Sulthan (Unknown)
Unggul Kustiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Kenyamanan perlu diberikan kepada pelanggan dan sudah menjadi hal yang penting bagi perusahaan untuk meningkatkan niat beli kembali. Dalam industri Food and Beverage sudah berkembang menjadi pelayanan online dan pesan melalui aplikasi, mereka didorong agar menciptakan aplikasi yang nyaman agar mejadi pengalaman pelanggan yang baik pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh kenyamanan, nilai yang dirasakan dan kepuasan pelanggan terhadap niat beli kembali Kopi kenangan melalui aplikasi online nya. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Jakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 orang. Teknik penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Motode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur melalui Partial Least Squares Structural Equation Model (PLS-SEM). Berdasarkan hasil pengujian data pada penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa kenyamanan berpengaruh positif terhadap niat beli kembali, kenyamanan berpengaruh positif terhadap nilai yang dirasakan, nilai yang dirasakan berpengaruh positif terhadap niat beli kembali, kepuasan pelanggan berpengaaruh positif terhadap niat beli kembali dan kenyamanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini dapat digunakan untuk perusahaan F&B yang menggunakan aplikasi online sebagai sarana pemasaran produknya seperti Kopi kenangan. dapat memfokuskan untuk mengembangkan pengalaman berbelanja dengan menciptkan kenyamanan seperti kenyamanan dalam mengakses aplikasi, kenyamanan bertranksaksi dan kenyamanan dalam menjaga informasi pribadi konsumen.

Copyrights © 2024