ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin
Vol. 3 No. 8 (2025): ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisplin, Agustus 2024

Integrasi Creative Thinking dalam Kurikulum Berbasis OBE untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa

Sopian Hadi, Heri (Unknown)
Qomari Hidayat, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi creative thinking dalam kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) serta dampaknya terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain sequential explanatory, yaitu menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif secara berurutan. Tahap kuantitatif dilakukan melalui penyebaran angket berbasis skala Likert kepada 200 mahasiswa yang mengikuti perkuliahan berbasis OBE, serta tes kompetensi yang menekankan pada kemampuan berpikir kreatif, pemecahan masalah, dan inovasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, korelasi, dan regresi linier untuk mengidentifikasi hubungan antara integrasi creative thinking dan peningkatan kompetensi mahasiswa. Tahap kualitatif dilaksanakan melalui wawancara mendalam terhadap 10 dosen dan 20 mahasiswa serta analisis dokumen kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Hasil wawancara dianalisis dengan thematic analysis untuk memperdalam pemahaman mengenai strategi, tantangan, dan peluang dalam mengintegrasikan creative thinking ke dalam kurikulum OBE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara integrasi creative thinking dan kompetensi mahasiswa, khususnya pada aspek problem solving, inovasi, dan kolaborasi kreatif. Temuan kualitatif mengonfirmasi bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis proyek, asesmen autentik, dan kolaborasi lintas disiplin menjadi faktor utama dalam mendorong perkembangan creative thinking. Integrasi creative thinking dalam kurikulum berbasis OBE berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa, menjadikan mereka lebih adaptif, inovatif, dan siap menghadapi tantangan era Society 5.0. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pengembang kurikulum dan dosen untuk secara sistematis mengintegrasikan creative thinking ke dalam setiap tahapan pembelajaran.

Copyrights © 2025