INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika
Vol 4, No 2 (2025): Oktober 2025

Pengaruh Gadget Terhadap Pemahaman dan Berpikir Kritis di SMA Muhammadiyah Bolo

Anggriani, Reni (Unknown)
Ramdhani, Lisda (Unknown)
Muslimin, Muslimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gadget terhadap pemahaman dan berpikir kritis di SMA Muhammadiyah Bolo. Gadget telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari siswa dan dapat memberikan dampak positif maupun negatif terhadap proses belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post factor. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup dan dokumentasi nilai rapor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa, khususnya pada aspek kognitif dan berpikir kritis. Oleh karena itu, penggunaan gadget yang bijak dan terkontrol sangat penting untuk mendukung pembelajaran siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Info

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

INFONTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan April dan Oktober (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian ...