Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Kolaka Utara dengan populasinya yakni petani kakao di Kabupaten Kolaka Utara. Penarikan sampel menggunakan random sampling technique. Metode penelitian yang digunakan yakni observasi dan wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi penjualan kakao sehingga meningkatkan pendapatan petani kakao di Kabupaten Kolaka Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan pemasaran kakao yang dihadapi adalah teknik pengolahan dan pemasaran tanaman kakao di Kolaka Utara belum maksimal. Kelompok petani kakao belum melakukan teknik pengolahan yang benar, serta kurangnya informasi mengenai saluran pemasaran bagi petani, padahal dari sudut pandang petani sebagai produsen, informasi mengenai saluran pemasaran yang efektif dan efisien merupakan salah satu hal yang dapat mendorong peningkatan produksi kakao. Dengan pengetahuan serta keterampilan tentang pemasaran produk hasil pertaniannya menggunakan E-Commerce diharapkan mampu mengatasi segala permasalahan yang muncul serta dapat menjadi bekal bagi petani dalam menjalani usaha pertaniannya ini dengan lebih baik lagi, mampu menembus wilayah pemasaran yang lebih luas, menarik minat beli lebih banyak lagi dari yang sebelumnya, dan pada akhirnya semua bermuara pada peningkatan volume penjualan dan pendapatan usaha sehingga kesejahteraan ekonomi petani lebih meningkat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024