Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 4 (2025): November

Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 45 Ampenan Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Najiburrahman, Ainun (Unknown)
Raksun, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2025

Abstract

Penelian tentang penerapan pendekatan Culturaly Responsive Teaching telah dilakukan di SDN 45 Ampenan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan Culturally Responsive Teaching (CRT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun subjek penelitian ini Adalah peserta didik kelas IV SDN 45 Ampenan, dengan jumlah peserta didik 29 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui angket motivasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar. Hasil analisis data didapatkan bahwa nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus terakhir adalah 87,13% dengan kategori motivasi tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV SDN 45 Ampenan pada matapelajaran Pendidikan Pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...