Jurnal Lempu
Vol. 2 No. 3 (2025): November

Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik

Lestari, Dia (Unknown)
Aras, Latri (Unknown)
Abidin , Zainal (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggunakan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VI di UPT SPF SDN KIP Bara Baraya 1. Studi ini dilakukan dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan melibatkan 22 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan masing-masing empat langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Angket minat belajar, lembar observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data untuk mengukur perubahan minat belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model pemetaan otak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar secara signifikan, seperti yang ditunjukkan oleh peningkatan persentase siswa yang menunjukkan minat tinggi hingga sangat tinggi selama siklus kedua. Temuan ini menunjukkan bahwa model ini efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa tentang materi pelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lempu

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...